Tio

Just wanna share my experience

Data (Part 3, ..habis)


Jenis Data berdasarkan sumbernya:

  1. Data Internal, data yang menggambarkan keadaan/kegiatan di dalam suatu organisasi. Contoh dalam suatu perusahaan; data produksi, penjualan. Dalam suatu negara; data penduduk, data pendapatan nasional, dll.
  2. Data eksternal, , data yang menggambarkan keadaan/kegiatan diluar suatu organisasi. Contoh untuk perusahaan; data daya beli masyarakat, konsumsi. Unutk negara; data harga-harga di pasar ekspor impor internasional.

Jenis Data berdasarkan cara memperolehnya:

  1. Data Primer, data yang dikumpulkan dan diolah sendiri oleh suatu organisasi atau perorangan langsung dari objeknya. Data diambil langsung baik dengan pencatatan di lapangan atau wawancara dengan responden.
  2. Data Sekunder, data yang diperoleh dalam bentuk yang sudah jadi, sudah dikumpulkan dan diolah oleh pihak lain, biasanya sudah dalam bentuk publikasi. Contoh: Publikasi yang diterbitkan BPS.

Jenis Data berdasarkan waktu memperolehnya:

  1. Data Cross Section, data yang dikumpulkan pada suatu waktu tertentu (at a point of time) yang bisa menggambarkan keadaan/kegiatan pada waktu tertentu.
  2. Data Berkala (time series data), data yang dikumpulkan dari waktu ke waktu untuk memberikan gambaran tentang perkembangan suatu kegiatan dari waktu ke waktu.

May 15, 2008 - Posted by | Statistika bagi pemula |

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: