Tio

Just wanna share my experience

Measures of Dispersion


Ukuran Penyebaran (Measures of Dispersion)

Ukuran Penyebaran merupakan ukuran yang menyatakan penyebaran data tersebut dari pusat distribusi data tersebut.

I. Range

Range merupakan ukuran jarak antara nilai terendah dan nilai tertinggi. Ukuran ini terpengaruh oleh adanya pencilan (outlier).

II. Semi-Interquartile Range

Merupakan range setelah data dipotong sebanyak 25% pada ujung bawah dan atas sehingga outlier atau extrim value tidak terhitung.

III. Range Interquartile

Merupakan selisih antara kuartil pertama (Q1) dan ketiga (Q3) dari suatu distribusi. Data Ordinal atau peringkat menggunakan ukuran ini dalam kaitannya dengan Median. Kuartil pertama adalah persentil ke-25 dan merupakan Hinge bawah pada penggambaran dengan Box-Plot, sedangkan kuartil ketiga sama dengan persentil ke-75 dan merupakan Hinge Atas pada Box-Plot. Range Interquartil adalah jarak antar hinge-hinge tersebut. (Cooper, 1998)

IV. Mean Absolut Deviation (MAD)

Dasar ukuran penyebaran adalah untuk mengetahui seberapa jauh jarak (besar simpangan) data terhadap rata-ratanya. Karena jumlah simpangan sama dengan nol,, maka para ahli menggunakan nilai aboslut dari jumlah simpangan untuk mengetahui besarnya simpangan rata-rata terhadap mean.

V. Ragam (Variance)

Jumlah simpangan sama dengan nol disebabkan adanya nilai negatif yang akan saling meniadakan, untuk itu maka selain dengan nilai absolut digunakan metode lain yakni dengan mengkuadratkan jumlah simpangan sehingga hasilnya pasti positif yang disebut Jumlah Kuadrat Simpangan (Sum Squared Deviations), karena ingin mengetahui rata-ratanya maka dibagi dengan N.

VI. Simpangan Baku (Standard Deviation)

Simpangan Baku yang merupakan akar kuadrat dari Ragam adalah ukuran rata-rata penyimpangan. (Howell, 1982). Seperti kita ketahui bahwa jumlah simpangan dari rata-rata adalah sama dengan nol, dan jumlah kuadrat simpangan disekitar rata-rata lebih kecil dibandingkan simpangan dari titik-titik lainnya. Sedangkan jumlah simpangan absolut (Sum Absolute Deviation) dari rata-rata tidak merupakan nilai minimum, sehingga M.a.d tidak tepat digunakan untuk simpangan disekirat rata-rata namun akan minimum disekitar median.

October 23, 2008 - Posted by | Uncategorized |

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: