Tio

Just wanna share my experience

Kuliah di Belgia yuuk..!


Saya ingin berbagi info bahwa di beberapa universitas di Belgia (U ghent dan U hasselt yg saya tahu) telah menerapkan peraturan baru utk biaya kuliah Program Master.
Bagi student yang berasal dari negara2 berkembang spt indonesia, hanya diwajibkan untuk membayar uang kuliah sebesar 80 euro pertahun untuk program Master.

Di universitas Hasselt, terdapat 3 major international master program:

1. Master of Management

2. Master of Statistics

-Applied Statistics

-Biostatistics

-Bioinformatics

3. Master in Transportation Sciences

Namun hanya Master of Statistics saja dimana berlaku pengurangan tuition fee untuk student dari negara2 berkembang (80 euro/th).

Untuk universitas Gent, pilihan program lebih banyak dan penjelasan tentang tuition fee dapat dilihat di:

http://www.ugent.be/en/teaching/studentadmin/tuition/2008-2009.htm

Untuk daftar master program bisa dilihat di http://www.ugent.be/en

Proses aplikasi utk mendapatkan keringanan biaya tsb mudah saja. Pertama2 kita aplikasi dahulu untuk diterima di program study yg diinginkan dan kemudian setelah diterima ajukan permohonan ke pihak universitas untuk pengurangan biayanya. Untuk di uHasselt, jika kita dari negara2 berkembang akan otomatis diberi keringanan.

KULeuven menawarkan Science@Leuven Scholarship untuk beberapa program master tertentu. Informasi lebih lanjut bisa dilihat di: http://wet.kuleuven.be/english/scienceatleuvenscholarship

Info lain ttg pendidikan di belgia:

Biaya pendidikan di belgia paling murah dibandingkan negara2 di sekitarnya spt belanda dimana untuk program master berkisar 5000 hingga diatas 10.000 euro pertahun. Di belgia, selain biaya murah ( dari mulai 560 euro/thn hingga sekitar 5000euro/ thn, namun rata2 biaya perkuliahan sekitar 1500euro/th), tuition fee utk hampir semua program studi tidak dibedakan bagi student dari luar maupun dari negara2 EU (European Union) .

Terlebih lagi biaya hidup bisa dibilang lebih murah dari negara tetangga belanda.

Berikut rincian living cost di belgia:

  • Student room 250 -400 euro utk di brussels, dan diluar brussels : 150-250 euro/bln.

Utk akomodasi diatas hanya utk 1 org student. Bagi yg ingin membawa keluarga tidak diperbolehkan menggunakan student room dan diharuskan menyewa appartement/studio. Untuk sewa apartement (bukan student room) berkisar 350-550 utk 1 sleeping room, blm termasuk biaya lain2. Utk biaya listrik, gas, internet, air, asuransi apartemen minimum 200 euro.

  • Makan (masak sendiri) : 250-350 euro.
  • Transportasi: Biasanya para student menggunakan sepeda sebagai moda transportasi , namun in case harus pergi dengan bis  juga bisa dibilang murah di belgia, abodement utk bis sekitar 25/bln, di beberapa kota spt leuven tuition fee sudah termasuk biaya transportasi dalam kota bagi student, khusus kota hasselt semua public transportation gratis.
  • Buku2: 250-400 euro/thn, biasanya buku2 (text book) sudah tersedia di perpustakaan, tinggal course note saja yang harus beli (tips: bisa cari “fosil2” angkatan2 sebelumnya).
  • Asuransi kesehatan sekitar 40 euro/ th utk student (sangat murah dibanding kan belanda yg berkisar 50-100 euro/bln).

Keterangan lebih lanjut living cost di hasselt:

http://www.uhasselt.be/english/algemeen/student/costs.asp.

Untuk beasiswa ke belgia sebenarnya banyak peluang meski tidak sebanyak di belanda dimana stuned memberi beasiswa kpd 200 org student indonesia. Berikut beberapa program beasiswa yang diberikan untuk studi di Belgia:

1. Vliruos Scholarship: Beasiswa yang diberikan oleh konsorsium dari 6 universitas di Flemish Region (Region berbahasa belanda). Beasiswa diberikan untuk Training program (ITP) dan Master program (ICP). Karena memang difokuskan untuk student yang berasal dari negara2 afrika, setiap tahun hanya sekitar 5-10 student dari indonesia memperoleh beasiswa ini. Info lebih lanjut bisa dilihat di: http://www.scholarships.vliruos.be/

2. Erasmus mundus sholarship: Jumlah student dari Indonesia yang mendapatkan beasiswa ini lebih banyak dari vlir dan tiap tahun jumlahnya meningkat. Info lebih lanjut:

http://hafidztio.multiply.com/journal/item/68/tips_Erasmus_Mundus_scholarship

atau: http://setiopramono.wordpress.com/2008/12/19/tips-erasmus-mundus-scholarship/

3. CUD scholarship program. Program beasiswa yang diberikan oleh konsorsium universitas2 di daerah walloni (region berbahasa perancis). Belum terlalu banyak student dari Indonesia yang mendapatkan beasiswa ini. Info : http://www.cud.be/content/view/339/208/lang,/

4.  Beasiswa dari universitas. Ada beberapa universitas yang menyediakan beasiswa bagi student baik dari eropa maupun luar eropa. namun jumlah penerimanya sedikit. Untuk mengetahui beasiswa ini, hubungin professor dimana anda ingin melanjutkan studi dan mintalah saran dan info tentang kemungkinan untuk memperoleh beasiswa baik dari universitas maupun dari luar universitas.

Berikut ada tambahan informasi ttg beasiswa dari Agung di U Gent:

Univ Ghent juga menyediakan beasiswa untk master tahun kedua. Syarat nya kurang lebih : nilai mata kuliah pada tahun pertama, dan korelasi bidang pekerjaan kita dengan kuliah yg diambil. Beasiswa ini biasanya diikuti oleh mhs2 yg pada tahun pertama berkuliah di Ghent dengan biaya sendiri dan istri/suami mereka telah terlebih dahulu mendapat beasiswa dari VLIR utk berkuliah di Ghent. Besar beasiswa kurang lebih 800 euro. Jatah pertahun adalah 10 orang, dan tahun kemarin kira2 yg mendaftar sebanyak 100 orang.

link: http://www.ugent. be/en/research/ devcooperation/ Mastercall2009. pdf

Untuk lebih jelasnya tetang sistem pendidikan di belgia dapat dilihat di: http://en.wikipedia.org/wiki/Education_in_Belgium

Berikut daftar universitas2 di Belgia:

· Catholic University of Louvain

· Katholieke Universiteit Leuven

· University of Hasselt

· Université Libre de Bruxelles

· University of Antwerp

· University of Ghent

· University of Liège

· University of Namur

· Vrije Universiteit Brussel

Untuk mencari part time job disini tidak terlalu mudah, tapi banyak kerja sampingan bagi student, spt bekerja di pabrik, restorant, perkebunan (http://hafidztio.multiply.com/journal/item/51/51) dll. Namun banyak kendala dikarenakan faktor bahasa, mengingat Belgia memiliki 3 bahasa nasional (Netherlands, French, and German). Dan sedikit berbeda dengan di Australia dan UK, untuk istri/suami dari student yang ikut menemani kesini, tidak diperbolehkan untuk bekerja (secara legal..).

Booklet lengkap mengenai pendidikan di Belgia bisa didapatkan di sini: Kuliah di Belgia.

Selamat berjuang..!!

Tio

About these ads

December 19, 2008 - Posted by | Uncategorized |

70 Comments »

  1. Dear mas Tio,
    Terimakasih sudah memberikan informasi yang sangat bermanfaat. Oleh karena sekarang ini saya sudah tercatat sebagai mahasiswa tingkat doktoral fakultas ilmu administrasi Brawijaya University Malang, masihkah ada peluang untuk mendapatkan scholarship, misalnya sebagai fellow atau mengikuti program sandwich di Universitas di Belgia. Jika ya, bagaimana caranya?. Saat ini saya berlima , sedang berupaya mendapatkan beasiswa agar bisa ikut sandwich programme. Karena pemerintah melalui dikti memberikan kesempatan bagi kami, para mahasiswa calon doktor, untuk mengikuti sandwich, asal ada letter of acceptance dari perguruan tinggi yang dituju di luar negeri. program ini akan dimulai maret 2008.
    Saya menunggu respons, dan selamat belajar.
    Rgds/wiwiek harwiki

    Comment by wiwiek harwiki | December 21, 2008 | Reply

  2. makasih ya mas tio,
    emailnya sudah diterima, banyak masukan yg berharga juga setelah mengunjungi blognya mas ini. thx banyak… semoga ngga ngerasa bosan kalo nanti saya bertanya lagi…
    :)

    Comment by lupi | December 22, 2008 | Reply

  3. mas tio,
    aku sekarang sudah tahun akhir kuliah di jurusan teknik elektro UKSW. apakah anda ada saran universitas mana yang baik untuk jurusan saya ini?
    dan berapa ongkosnya kira2?
    terima kasih

    Comment by christy | January 2, 2009 | Reply

  4. Mas mau nanya untuk bidang teknologi industri pertanian uni mana yang menerima?

    TQ

    Comment by Dionisius Yusuf | January 12, 2009 | Reply

  5. mas, mau tanya, saya tertarik untuk kuliah di ghent univeristy.kemerin sudah browsing websitenya, yang ingin saya tanyakan :
    1. apakah ijazah kita harus dilegalisir oleh belgian embassy?
    2. tuition fee utk program yg saya inginkan 80 euro (rate utk student from developing countries), yg ingin sy tanyakan, apakah ada biaya lain yang berkaitan dgn biaya program studi yg harus saya siapkan juga?

    Terima kasih atas tanggapannya

    Sarel Dika

    Comment by Sarel | January 26, 2009 | Reply

  6. mas terimakasih sudah berbagi
    saya mau tny peluang beasiswa di KUL
    apakah yg harus say persiapkan utk kuliah di belgia?

    terimakasih sebelumnya

    Comment by astrid | February 17, 2009 | Reply

  7. Hi Tio,

    Saya berencana untuk daftar program master di bidang ekonomi, di belgia. Mohon bantuannya untuk beberapa hal yang ingin saya tanyakan. Kalau tidak keberatan boleh minta alamat email anda?

    Terima kasih sebelumnya.

    Comment by Sugi | February 23, 2009 | Reply

  8. mas…
    q pny sodara di beliga,,
    bs ga,,lw qt yg tamatan SMA d indonesia lanjut kuliah dst,,karena pngen ajah..
    kualitas yg lebih bgus gt..
    kira kira biaya’a brapa,,,contoh ongkos n kuliah’a

    Comment by Giz auzhora | January 17, 2010 | Reply

  9. aku mau tanya dong mas itu hanya untuk master aja? ga ada yang buat bachelor? aku berminat bgt buat ngelanjutin studi di belgia dimana sodara ku ada yang tinggal disitu tapi saat ini aku buntu banget bingung musti mulai dari mana, mohon petunjuknya yaa mas makasih

    Comment by yusuf caessar | August 6, 2010 | Reply

    • info tsb utk maaster….sedangkan Utk Bachelor di belgia berbahasa belanda semua…dan utk program beasiswanya saya kurang tau…

      Comment by Tio | October 7, 2010 | Reply

  10. Mas Tio, saya nggak tahu apa mas masih studi atau udah lulus. Saya pns yg diberi amanah mengembangkan lab keamanan pangan di Surabaya. Kesulitan saya harus menguasai dlm waktu singkat tapi mendalam. Kalau training di Indonesia jelas tdk begitu mendalam, maka saya browsing dan ketemu ITP di belgia. Karena negara juga terbatas keuangannya, saya bertekad mau cari beasiswa. Mas kira2 saingannya banyak nggak buat training food safety ini? terus, apa semua betul2 gratis (bila dapat dari VLIRuos?kalau lagi bekerja apa harus melampirkan surat ijin?Mas bantu aku ya…please, dari ibu 2 anak yang haus pengetahuan demi kemajuan bangsa……………Thanks berat. (HENI TYAS )

    Comment by Tyas | October 2, 2010 | Reply

    • Mba sudah aku reply di email kan yah? semoga sudah diterima…

      Comment by Tio | December 25, 2010 | Reply

  11. Mas Tio,

    Saya sedang dalam proses melamar beasiswa VLIRUOS tapi ada beberapa kesulitan ttg:
    1) permintaan universitas (antwerpen) ttg transkrip nilai yang dibuat secara terpisah per academic year. saya sudah coba kontak ke UI, dan ternyata fakultas tidak bisa mengeluarkan transkrip nilai per academic year, selain transkrip yang sifatnya akumulatif di tahun kelulusan kita
    2) informasi ttg grading system di Indonesia. kira2 dimana dan bagaimana cara memprosesnya? karena setelah saya tanya di universitas, mereka tdk pernah mengeluarkan format grading system yang dikonversi ke bentuk persentase
    3) kira2 pelamar beasw VLIRUOS sebanyak pelamar STUNED/DAAD ga yah?

    Saya sangat senang jika dapat keterangan lebih lanjut dari Mas Tio. Thanks, Septi

    Comment by septi | December 8, 2010 | Reply

    • Maaf baru ada waktu utk baca2 response WP nih…
      1. Untuk itu coba kamu diskusikan dengan pihak Univ Antwerpen nya
      2. Info Grading sistem di Indonesia bisa kamu kamu buat sendiri kok
      3. Pelamar VLIR tdk sebanyak stuned dan DAAD, tapi juga quota utk indonesia tdk terlalu banyak juga yah….biasanya per program studi yg tersedia hanya 1-2 mhs indonesia saja

      Comment by Tio | December 25, 2010 | Reply

  12. Selamat siang..

    Saya mau tanya mas…kuliah master di belgia ada kuliah sabtu-minggu ga?

    makasih…

    Comment by roy | December 28, 2010 | Reply

    • Kuliah sabtu ada di bbrp program studi di bbrp universitas, spt KU Lueven dan VUB brusels….

      Comment by Tio | December 31, 2010 | Reply

  13. makasıh atas jawabany
    gıtu y mas…masalah tuition fee untuk student dari negara2 berkembang (80 euro/th) yang mas katakan…ıtu berlaku juga untuk kulıah sabtu-mınggu tıdak..

    makasıh..

    Comment by roy | January 1, 2011 | Reply

    • ngga berlaku…itu utk program reguler..utk sabtu minggu cukup mahal….

      Comment by Tio | January 2, 2011 | Reply

  14. senang sekali liat blog ini Pak,banyak info yanng didapat.
    saya dulu mahasiswa Bapak di STIS.
    Biasanya pada bulan apa beasiswa ke Belgia ini Pak?dan bagaimana caranya?
    terima kasih.

    Comment by tina | January 9, 2011 | Reply

  15. Yth Mas Tio,,
    Saya lulusan STIS angkatan 44 jurusan statistik ekonomi, saat ini bekerja di BPS daerah
    kemarin saya sempat mencoba apply pre-screening di VLIR-UOS kemudian diarahkan ke situs universiteit antwerpen institute of development policy and management (IOB), namun belum ditindaklanjuti kembali karena waktunya yang mepet
    saya sebenarnya lebih tertarik untuk mendalami statistik terapan di hesselt university, tapi sehubungan dengan lokasi kerja yang cukup terisolasi, saya bingung untuk mulai dari mana
    untuk itu mohon kiranya saya dapat berkorespondensi dengan mas tio untuk mendapatkan saran dan bimbingan
    terima kasih

    Comment by Erie | January 13, 2011 | Reply

    • Hallo Erie, kamu ingin rencananya ingin jurusan biostatistik atay development policy…? Bukankah saat screening jurusan sudah harus dipilih…?

      Comment by Tio | January 16, 2011 | Reply

  16. halo kak, saya mau tanya, kalau sementara kita kuliah tapi visa kita sebagai au pair diijinkan atau tidak ya?

    Comment by yani | January 31, 2011 | Reply

    • Yani, sepertinya utk au pair hanya bisa spt training2 dan course2 aja…utk kuliah…ehm…sepengatahuan ku sih belum pernah ada…..

      Comment by Tio | February 22, 2011 | Reply

      • hallo kak,,saya tahun ini rencana aupair lagi ke belgia setelah satu tahun jadi aupair di holland,kebetulan tahun ini saya niatnya untuk cari2 kuliah master, kalo untuk study di belgia,kita harus apply visa studentnya itu setelah diterima sm univnya atau gmn? trims ;)

        Comment by rifka | March 24, 2011

      • Hi Rifka,
        Sepengetahuan saya untuk mendapatka visa student..salah satu syaratnya adalah surat penerimaan (acceptance letter) dari universitas dan bbrp hal syarat lainnya spt sponsorship dll (untuk detail bisa minta info di kedubes belgia di jakarta). Untuk Aupair, ada bbrp universitas yang meminta visa student (tdk bisa visa aupair)…itu dulu jawabannya maaf kalau ada yg kurang jelas atau salah…
        Salam
        Tio

        Comment by Tio | March 29, 2011

  17. Halo Mas Tio..
    saya mau tanya..
    saya apply program Erasmus Mundus Master of Bioethics di K.U Leuven. Tanggal 16 maret kemarin saya mendapat email pemberitahuan kalau saya bisa mengikuti program tersebut tetapi untuk beasiswanya masih reserve candidate dan diminta menunggu sampai akhir Agustus. Nah, bagaimana sebaiknya, apakah mencari alternatif beasiswa ataukah sabar menunggu saja? Kalau alternatif beasiswa, apakah ada info-info beasiswa yang masih buka? karena setelah saya cari-cari, sudah pada tutup awal maret kemarin.. Terimakasih. :)

    Comment by Subaryani D.H. Soedirdjo | March 27, 2011 | Reply

  18. I agree with everything you wrote. Great stuff.

    pyramat gaming chair

    Comment by thurreshy | April 14, 2011 | Reply

  19. Mas Tio,
    mau tanya ni,saya kepengen ambil jurusan master of food technology di ghent university.saya ingin mengetahui apakah degree ini di akui di negara lain ato tidak,bagaimana ya caranya mengetahui ini?saya sudah email ke pihak sekolahannya tetapi belom dpt jawaban.adakah jalan lain ttg akreditasi ttg degree ini?saya sudah meng-google tpi tdk ada info ttg ini :(
    terima kasi untuk infonya.btw, postingannya benar2 helpful :)

    Gaby

    Comment by Gaby | August 31, 2011 | Reply

    • Hi Gaby , sorry baru baca2 wordpress lagi saya karena sibuk sekali. Untuk akreditasi universitas aku nggak tau juga nih bisa di cek dimana. Sepanjang pengalamanku sih nggak pernah denger akreditasi program2 studi yang ada.
      Tio

      Comment by Tio | October 24, 2011 | Reply

  20. Halo Mas Tio
    Mau tanya….saya baru lulus dokter mau melanjutkan sekolah program spesialis kulit dan kelamin di belgia itu cara apply nya gimana ya?Saya cari2 program master buat dermatology koq ga ada ya?Klo Dermatology di Belgia itu sistemnya program research/ master?Medical university yg ada program Dermatology itu kira2 ap y?

    Comment by mirna | November 21, 2011 | Reply

  21. Mas Tio Mau tanya sekarang untuk reduce fee untuk development country sudah berkurang yang dulunya biaya kuliah per tahun hanya E 80 sekarang menjadi E 680, sedih bgt…….
    btw klo di U hasselt, dimana yah biaya kuliahnya (untuk development country, krn tidak di state berapa biayanya “http://www.uhasselt.be/UH/International-master-students/How-much-is-the-tuition-fee.html” saya mau ambil master statistik pilihan antara ugent atau hasselt. thx yah atas infonya

    Comment by Alno | November 26, 2011 | Reply

    • Sorry alno for late replying….
      Aku dah tanya ke sekretariat statistik di Uhasselt, dia confirm kalo disana utk student dr negara2 berkembang masih hanya 80e. untuk univ gent aku blm cek lagi dengan rekan2 disana…
      Untuk Uhasselt memang tdk diberitahukan secara detil di websitenya, namnun bisa coba tanyakan ke sekretariat program di hasselt.

      Comment by Tio | January 7, 2012 | Reply

  22. Mas Tio , saya mau tny nih. mengenai kuliah di antwerp yg jurusan bisnis manajemen s1 apa ada?
    kalau ada kira2 biaya kuliahnya per tahun + biaya hidupnya berapa?
    persyaratan yg d perlukan untuk kuliah di sana apa aja mas?
    trims :D

    Comment by olive | December 1, 2011 | Reply

  23. [...] kedua, teliti dan pelajari biaya hidup (contoh:klik) untuk keluarga dan bandingkan dengan jumlah beasiswa yang akan diterima. Kadang kita serta merta [...]

    Pingback by Tantangan membawa keluarga selama kuliah di Eropa « Tio | May 11, 2012 | Reply

  24. Reblogged this on welcome stories! and commented:
    hoping :D

    Comment by kikisaaar | May 26, 2012 | Reply

  25. Reblogged this on welcome stories!.

    Comment by kikisaaar | May 26, 2012 | Reply

  26. Halo mas Tio,

    Perkenalkan nama saya Teguh, saya lulusan D.IV politeknik ilmu pelayaran semarang, saya mau tanya apakah ada chance untuk lulusan D.IV untuk melanjutkan pendidikan di Belgia dimana yang saya ketahui di Belgia ada Institute of Transport and Maritime Management yang notabene sangat nyambung dengan ilmu saya, dan adakah link beasiswa untuk ke Institute tersebut?

    terima kasih.

    Comment by teguh | July 25, 2012 | Reply

  27. iya bener mas, sarjana sains terapan. wah,mksh bnyk informasinya mas, di Indonesia buat lulusan kyk saya gini masih sulit bwt ngelanjutin S2, karena jurusannya masih asing di telinga orang Indonesia kemudian opsi untuk mencari universitasnya sangat terbatas. Sekali lagi terima kasih banyak untuk informasinya, dan saya akan menghubungi mas tio lagi jika ada pertanyaan yang mengganjal di kepala saya!! :)

    Comment by teguh | July 27, 2012 | Reply

  28. HALLO MAS,,
    APA GAK ADA PROGRAM S2 KESEHATAN YA….
    SAYA MAHASISWA KEDOKTERAN GIGI dan INGIN MELANJUTKAN S2 KEDOKTERAN GIGI DISANA ,,, ADA REFERENCI GAK YA MAS,, BERAPA BIAYA S2 KESEHATAN DSANA N BIAYA HIDUP DISANA…

    Email saya : geninya_abay@yahoo.com

    tolong info nya ya mas, insya allah tahun depan kelar drg saya….

    thankq

    Comment by geni | August 5, 2012 | Reply

  29. Permisi mas. Saya mao nanya, untuk program non beasiswa bagaimana cara nya ya? Soalnya kalo untuk beasiswa, kayanya sulit. Thanks bro

    Comment by faisal baskara | August 12, 2012 | Reply

    • utk non beasiswa apa nih? master? tinggal apply (caranya bisa dilihat di univ masing2)…

      Comment by Tio | October 22, 2012 | Reply

  30. Mas, perkenalkan saya Insan. Saya tertarik untuk lanjut PhD ke Belgia, tepatnya ke UGhent. Beberapa hari lalu saya mengontak salah seorang Prof di UGhent tentang ketertarikan saya bergabung ke grupnya dg jalur erasmus mundus. Eh Prof itu malah bilang kalo Emundus itu diumuminnya paling sekitar Juni taun depan. (jadi cerita nih) hehe.. Eh Prof itu pengen saya Januari taun depan dah mulai dg beasiswa dari lab dulu tapi apply emundus jg. Kalo emundusnya dapet, selanjutnya saya dibayarin dari emundus. kalo ga dapet emundus dan kinerja saya bagus, saya akan tetep didanai dari lab.

    Besar dana yang saya akan dapat tentunya hal yg penting. biar tau rencana ke depan gimana. Sebenernya saya mau tanya langsung ke beliau, tapi takutnya Mas tau umumnya berapa ya dana yg diperoleh PhD student kalo dapat dari lab atau project secara umum di Belgia? Oya apa secara umum travel allowance (air ticket) itu ditanggung mereka juga apa ga ya?

    Trus, kriteria kinerja bagus itu disana seperti apa ya? Lebih spesifiknya, kira2 culture research orang sana itu secara umum gimana ya?

    Terima kasih banyak Mas, mohon maaf kebanyakan. :)

    Comment by Insan Nugraha | October 25, 2012 | Reply

    • Hi Insan,
      Utk besaran dana dari lab utk keseluruhan phd Program saya tidka tahu pastinya. Tapi kalau untuk allowance atau bisa dibilang salarynya sekitar 1500-1800e/ bln. Untuk travel dari dan ke negara asal tidak ditanggung biasanya. travel ke coference ditanggung mereka. Untuk bagus yeah maksudnya kamu bisa mengikuti kerja mereka dan mampu memproduksi output yg mereka syaratkan….ini bisa didiskusikan diawal kita mulai phd.

      Comment by Tio | November 4, 2012 | Reply

      • Wah makasih banyak yah Mas. Maaf mas mau nanya lagi. Umumnya kalo di Belgia, kalo dah disetujui dan Professornya bersedia mendanai kita dari projectnya itu tandanya sudah diterima sbg mahasiswa disana apa ga ya? dg kata lain, apa sudah pasti lulus proses admissionnya apa ga ya?

        oya mas saya pernah baca klo mau legalisasi salinan lengkap akta lahir ke dephumkam harus juga membawa spesimen tanda tangan dan cap catatan sipil. karena kalo tdk bawa, dephunkam tdk mau memberikan legalisasi gt ya mas? maksudnya spesimen tanda tangan dan cap itu apa ya mas? apa selembar kosong isinya cap dan tanda tangan catatan sipil?

        Comment by Insan Nugraha | November 4, 2012

      • Yup, kalau sudah diterima oleh prof dan ada dananya, kita diterima juga sama univ utk jadi phd student. utk speciment iya spt itu seingat saya tapi bisa cek lagi di depkumham.

        Comment by Tio | November 8, 2012

  31. senang sekali saya bisa mendapatkan informasi dari blog ini.
    ijinkan saya menyampaikan pertanyaan, karena belum saya temukan jawabannya pada postingan di atas.
    saya ingin apply beasiswa VLIR, yang di dalamnya mempersyaratkan ijazah yang harus ‘Authenticated’. Yang ingin saya tanyakan, bagaimana proses untuk memperoleh autentifikasi atau legislasi iajazah tersebut? apakah harus melalui kementerian luar negeri terlebih dahulu, atau langsung ke kedutaan besar belgia di jakarta? kira2 prosesnya berapa lama ya mas? terima kasih

    angga

    Comment by bougenville9 | December 5, 2012 | Reply

    • Hallo,
      Biasanya utk legalisasi sebelym ke kedubes Belgia, juga harus ke bbrp department spt depkumham dan deplu baru ke kedubes Belgia. Hal ini bisa ditanyakan langsung ke kedubes Belgia, mungkin saja ada perubahan…. utk prosesnya seingat saya sekitar 10 hari kerja semuanya (jalur biasa)

      Comment by Tio | December 8, 2012 | Reply

  32. Dear Mas tio
    Saya Mau tanya mas. untuk program beasiswa di Belgia ini beasiswanya bersifat Full Scholarship atau tidak? Karena sya agak takut misalkan pada saat mengikuti kuliah lalu mengalami penurunan Grade. Beasiswa langsung dicabut. Jadi mas saya mau minta Informasi yang detail lagi mengenai sifat beasiswa dibelgia Tbs. Dari Ivan..
    terimakasih

    Comment by Ivan | December 15, 2012 | Reply

    • Hi Ivan
      Beasiswa bersifat full, ada kasus student yg tdk pernah masuk, baru lah di stop. selama kuliah meski nilai naik turun tdk masalah…
      Sukses!

      Comment by Tio | December 17, 2012 | Reply

  33. *Asik juga ngebacanya pengalaman mas tio apalagi ngebaca. Info tentang info bawa keluarga asik dan lucu , thak’s telah sharing info dan pengalamanya semoga amal kebaikan mendapat imbalan dari yangh kuasa .jadi termotivasi untuk ambil phd di belgia ,

    Comment by zahara | December 19, 2012 | Reply

    • amin…semoga terkabul keinginannya…amin

      Comment by Tio | December 19, 2012 | Reply

  34. Dear Mas Tio,
    Saya mau tanya mas, apakah beasiswa VLIR ada setiap tahunnya? apakah beasiswa VLIR meng-cover semua kebutuhan saya disana? kemarin dosen saya menawarkan kepada saya untuk kuliah master di Universitas Ghent Belgia (beliau alumni dari Universitas Ghent), rencananya saya akan ikut tahun depan karena toefl saya belum mencukupi (tahun ini belajar bahasa inggris dulu, hehe)

    Comment by sastri | January 19, 2013 | Reply

    • Hallo Sastri, Beasiswa VLIR ada tiap tahun. Kebutuhan uk single tercover disini plus tiket dari dan ke Indonesia. Siapa dosennya yg alumni Gent?

      Comment by Tio | January 23, 2013 | Reply

      • maaf baru me-reply, ada ibu Rina Devnita dan bapak Shantosa Yudha S. dari soil science..

        Comment by sastri | February 27, 2013

  35. Mas,untk pendidikan dokter spesialis kandungan,apakah ada beasiswanya?prosedur untk spesialis kandungan bgamana?thnks

    Comment by Anthon | April 28, 2013 | Reply

    • EHm untuk specialis, saya belum pernah ada schema beasiswanya. Tapi bisa kontak lansung dengan program studinya. Biasanya mereka ada semacam reduksi biaya kuliah. Untuk kedokteram bisa coba KU Leuven http://onderwijsaanbod.kuleuven.be/opleidingen/e/.

      Comment by Tio | May 15, 2013 | Reply

  36. Mas,untuk pendidikan Dokter Spesialis Obsgyn/kandungan,bisa melamar ke Univeristas Mana?

    Comment by tony | April 29, 2013 | Reply

  37. Salam,
    Mas sy mau tanya. Begini, sy kan mau ikutan lotus III trs sy jg sudah kontak dg vrije universitat brussel dan dtanggapi dg positif. Beliau mnginformasikan next academic di vub dan meminta transkrip bachelor sy. Tp sy pesimis dpt beasiswanya krn utk yg master course hnya tersisa 2 beasiswa dan itu prioritas utk kamboja, myanmar, satunya lupa. Indonesia sudah gk dpt tmpat lg. Kira” sy bs apply beasiswa dmna ya? Untuk VLIR kayaknya suda ditutup ya? Mohon bantuannya.. Terima kasih

    Comment by Andita | June 9, 2013 | Reply

    • Untuk VLIR mulai sekitar oktober tahun depan untuk apply tahun akademik 2014. Jangan takut untuk mencoba meski Indonesia bukan prioritas.

      Comment by Tio | June 25, 2013 | Reply

  38. dear Mas Tio,
    mas, mau tanya, untuk master of telecommunication engineering, kira2 available di universitas apa yah?
    thanks a lot..

    Comment by fakhri | August 5, 2013 | Reply

    • Eh,… coba KU Leuven atau VUB deh

      Comment by Tio | November 10, 2013 | Reply

  39. salam, selamat pagi mas, saya mau ambil program spesialis di belgia…menurut mas, berkas berkas apa aja yang sebaiknya saya lampirkan?kalau untuk KU Leuven apakah spesialis juga murah? terima kasih banyak mas…

    Comment by chelsheva | August 5, 2013 | Reply

    • Hallo, Untuk Persyaratan administrasi dan tuition fee bisa di lihat di website KU leuven

      Comment by Tio | November 10, 2013 | Reply


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 2,195 other followers

%d bloggers like this: